Senin, 03 Oktober 2011

Sejarah Perkembangan Fisika Klasik

A. Latar Belakang


Fisika sepanjang yang telah diketahui telah dimulai pada tahun sekitar 2400 000 SM, ketika kebudayaan Harappan menggunakan suatu benda untuk memperkirakan dan menghitung sudut bintang di angkasa. Sejak saat itu fisika terus berkembang dimulai dar zaman prasejarah,  sampai ke level sekarang. Perkembangan ini tidak hanya membawa perubahan di dalam bidang dunia benda, matematika dan filosofi namun juga, melalui teknologi, membawa perubahan ke dunia sosial masyarakat. Revolusi ilmu yang berlangsung terjadi pada sekitar tahun 1600 dapat dikatakan menjadi batas antara pemikiran purba dan lahirnya fisika klasik. Dan akhirnya berlanjut ke tahun 1900 yang menandakan mulai berlangsungnya era baru yaitu era fisika modern. Di era ini ilmuwan tidak melihat adanya penyempurnaan di bidang ilmu pengetahuan, pertanyaan demi pertanyaan terus bermunculan tanpa henti, dari luasnya galaksi, sifat alami dari kondisi vakum sampai lingkungan subatomik. Daftar persoalan dimana fisikawan harus pecahkan terus bertambah dari waktu ke waktu.
Siapakah yang pertama sekali memulai fisika, tidak seorangpun tahu. Dari ribuan bahkan ratusan juta tahun yang lalu fisika sudah dipelajari orang. Terbukti dari banyaknya ahli fisika di seluruh jagat raya ini. Tokoh fisika yang sangat berpengaruh dalam mengubah dunia misalnya Andre-Marie Ampere lahir di Lyon, Prancis, 20 Januari 1775.dengan penemuannya yang berupa Galvanometer dan William Thomson (Lord Kelvin) lahir di Belfast, Irlandia pada tanggal 26 Juni 1824 dengan penemuannya Termometer skala Kelvin.



B. Sejarah Fisika Klasik


Fisika klasik Dimulai dari tahun 1800an sampai 1890an. Pada periode ini diformulasikan konsep-konsep fisika yang mendasar yang sekarang kita kenal dengan sebutan Fisika Klasik. Dalam periode ini Fisika berkembang dengan pesat terutama dalam mendapatkan formulasi-formulasi umum dalam Mekanika, Fisika Panas, Listrik-Magnet dan Gelombang, yang masih terpakai sampai saat ini. Fisika Klasik adalah fisika yang didasari prinsip-prinsip yang dikembangkan sebelum bangkitnya teori kuantum, biasanya termasuk teori relativitas khusus dan teori relativitas umum.  Pada fisika klasik pendekatan terhadap pemecahan persoalan pada umumnya lebih didasarkan pada dalil-dalil mekanika gerak. Disamping itu dalam penanganan solusi secara tegas dilakukan perbedaan antara benda partikel dan fenomena gelombang dan begitu juga mengenai tanggapan: tidak ada pembatasan-pembatasan dalam besarnya energi (energi dapat bertambah atau berkurang dengan besaran nilai yang tidak dibatasi dengan satuan tertentu).




C. A.M. Ampere


Andre-Marie Ampere lahir di Lyon, Prancis, 20 Januari 1775. Ia tidak pernah duduk di bangku sekolah. Pendidikan diperoleh di rumah dari ayahnya yang merupakan seorang pedagang sutra kaya raya dan pejabat pemerintah yang mendukung raja. Pada usia 24 tahun ia kawin dan dikaruniai seorang anak laki-laki. Karena kecerdasannya, ia diangkat menjadi guru besar fisika di Bourg selama dua tahun (1801-1803). Setelah kematian istrinya, ia pun pindak ke Paris dan mengajar di Ecole Polytechnique. Ia tinggal di Paris sampai akhir hayatnya.
Ia terkenal dengan temuannya yang semuanya dihasilkan melalui eksperimen, sehingga ia dijulukii Bapak IPA Eksperimental.
Ampere meninggalkan karya tulis berupa buku berjudul Bunga Rampai Pengamatan Elektodinamika (1822), dan Teori Fenomena Elektrodinamika (1826). Keduanya dalam bahasa Prancis. Pada tanggal 10 Juni 1836 Ampere meninggal di Marseille, Prancis. Di batu nisannya tertulis Tandem Felix yang artinya Akhirnya bahagia. Konon, hampir seluruh hidupnya dilewati dalam tekanan batin.
Ampere tertarik dengan hasil temuan Oersted, seorang ahli fisika Denmark, yang menemukan jarum kompas bergerak jika ditaruh di dekat kawat (penghantar) yang berarus listrik. Hans Christian Oersted menemukan interaksi langsung pertama antara kelistrikan dan kemagnetan, yang tampak ketika mengamati gejala bergeraknya jarum kompas yang di dekatkan  pada penghantar yang dialiri arus listrik.
Ampere membuat alat untuk mengukur arus listrik, yang kemudian berkembang jadi galvanomater. Ia menyarankan telegraf elektromagnet. 26 kabel dan komutator (saklar putar). Komutator ini pertama kali di pakai pada generator listrik Pixii (1832). Ampere juga memberikan sumbangan kepada ilmu pengetahuan dalam bidang statistik, kimia kristalografi, mekanika, dan optika.


D. Wiliam Thomsom (Lord Kelvin)


William Thomson (Lord Kelvin) lahir di Belfast, Irlandia pada tanggal 26 Juni 1824. Merupakan alumni Universitas Glasgow dan Universitas Cambridge Thomson sudah mempublikasikan 661 tulisan untuk berbagai macam bidang ilmiah dan telah mematenkan 70 buah hasil penemuannya. William Thomson diberi gelar kebangsaan Baron Kelvin of Largs. Gelar kebangsawanan itulah Kelvin digunakan sebagai satuan suhu untuk Sistem Internasional (SI). William meninggal dunia 17 Desember 1907 diusia 83 tahun, saat ia menjabat sebagai Presiden The British Association dalam hal kemajuan ilmu pengetahuan.
Kelvin adalah orang pertama yang mengusulkan skala mutlak dari suhu. Studinya terhadap teori Carnot menuntunnya ke ide bahwa kalor tidak pernah berpindah secara spontan dari benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tinggi, teori ini dikenal sebagai hukum kedua Termodinamika. 
Skala Kelvin digunakan pada skala termometer untuk mengukur titik lebur es dan titik didih air. Skala Kelvin ditetapkan sebagai satuan internasional (SI) pada skala suhu (mutlak) termodinamik. 


E. Daftar Pustaka


Indrajit, Dudi. 1999. Fisika Untuk SMU Kelas II. Jakarta : Grafindo.
Daton, Goris Seran.dkk. 2007. FISIKA Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Gramedia.
http://id.wikipedia.org/wiki/Fisika (diakses tanggal 17 April 2011).





3 komentar:

Fighting to physics mengatakan...

wah.. ini sangat membantu dalam pengenalan fisika!!
terimakasih malaikat!!!

kacamata fisika mengatakan...

informasi yang sangat membantu !
makasih kakak guru :)

I Love Physics mengatakan...

materi tentang Sejarah Perkembangan Fisika Klasik membantu saya dalam mencari tugas dan materi yang disajikan cukup lengkap..........
saya tunggu posting anda yang berikutnya ya.............

Poskan Komentar